Selasa, 10 Maret 2015

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Paling Ampuh

Hidung merupakan organ seseorang yang mempunyai fungsi untuk mendapatkan aliran oksigen yang diturunkan kepada paru-paru. Organ hidung sendiri adalah organ diatas mulut dan dibawahnya mata, mempunyai lubang sebanyak 2 buah untuk mengoptimalkan seseorang dalam mendapatkan oksigen lebih banyak. Siap sangka bahwa organ hidung ini seringkali memiliki masalah yaitu inffluenza, jika sudah terkena penyakit ini maka seringkali hidung susah untuk diajak mendapatkan asupan oksigen yang akan dialirkan ke dalam tubuh. Nah pasti anda juga pernah mengalami yang namnaya hidung tersumbat sebelah, pada saat tersumbat pada salah satu sisi maka seseorang akan merasakan hal yang paling tidak nyaman. Itu adalah hal yang wajar, dan untuk mengatasi hal tersebut ada berbagai tips yang bisa dicoba untuk mengurangi bahkan untuk melancarkan hidung yang tersumbat tersebut.

hidung tersumbat sebelah
Hidung tersumbat selain bisa terjadi pada kedua rongga lubang hidung biasanya paling sering terjadi hanya pada rongga sebelah saja atau hidung tersumbat sebelah. Selain menyerang dewasa dan anak – anak sering juga terjadi hidung tersumbat pada anak-anak.

Dan pada kesempatan kali ini berbagi-kiat akan mencoba mengulas sedikit tentang cara ampuh mengatasi hidung tersumbat yang sedang anda alami dan membahas sedikit info juga tentang pengobatan alami untuk hidung tersumbat sebelah, akan tetapi alangkah baiknya kita semua mengetahui apa sih yang menjadi penyebab hidung tersumbat itu.

Faktor Penyebab Hidung Terseumbat

Biasanya bisa dikarenakan karena masuk angin, Influenza dan sinusitis. Jenis penyakit tersebut umumnya menyebabkan peradangan pada lapisan rongga hidung serta sinus yang notabene merupakan jaringan kaya pembuluh darah. Pada saat peradangan itulah yang membuat pembuluh – pembuluh darah tersebut melebar dan terjadi pembengkakan hingga menyebabkan hidung mampet.

Bagi anda yang saat ini sedang mengalami penyumbatan hidung di salah satu sisi maka tidak perlu khawatir apabila hidung mampet yang anda derita disebabkan oleh penyakit ringan diatas akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 5-8 hari, bisa juga lebih cepat apabila dibantu dengan mengkonsumsi vitamin hingga daya tahan tubuh membaik. Dan apabila anda mengalami hidung tersumbat dalam jangka waktu yang lama ada baiknya cepat di periksakan ke Dokter, karena dikhawatirkan penyebabnya bisa dari virus, alergi, sinusitis kronis atau yang lebih ditakutkan lagi akibat adanya tumor jinak.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Paling Ampuh

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seseorang jika sedang mengalami penyumbatan hidung di salah satu sisinya, nah berikut ini adalah berbagai tips tentang cara mengembuhkan penyakit hidung terseumbat sebelah paling ampuh:

Makanan pedas

Makan makanan yang pedas bisa membantu mengatasi dan meredakan hidung mampet, karena dengan kita memakan makanan yang pedas membantu lendir yang kental dan menyumbat menjadi lebih encer dan bisa keluar dengan sendirinya.

Minum jahe dan jeruk nipis hangat

Minuman jahe juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat rasa pedasnya bisa membantu mencairkan ingus, jeruk nipis juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat, dikarenakan kandungan vitamin C nya membantu menjaga kondisi kekebalan tubuh.

Steaming ( penguapan )

Cara ini menggunakan media air panas yang ditempatkan kedalam baskom kemudian hirup uap dengan  mengkerudungi wajah anda dengan handuk atau dengan kain,  cara ini bisa membantu mengencerkan dan mengalirkan lendir yang mampet pada rongga hidung. Bisa juga dengan memberi beberapa tetes minyak angin kedalama air panas tersembut sembari di hirup

Meninggikan posisi kepala sewaktu tidur.

Cara ini dilakukan apabila anda mengalami mampet sewaktu akan tidur, dan biasanya hidung mampet sebelah semakin menjadi lebih parah sewaktu posisi berbaring. Caranya ialah posisikan kepala anda lebih tinggi dengan Cara memberi bantal tambahan pada leher dan kepala hingga menyerupai posisi seperti setengah duduk. Posisi tersebut membantu mengurangi penumpukan darah pada jaringan hidung sehingga bisa membantu meredakan hidung tersumbat sebelah yang anda derita.

Kita semua tidak perlu khawatir dengan Cara pengobatan hidung tersumbat yang menggunakan bahan alami diatas, selain itu metode pengobatan alami untuk hidung tersumbat diatas tidak memiliki efek samping yang membahayakan, cara tersebut juga terbilang aman bila untuk di lakukan pada anak-anak.

Dan apabila setelah melakukan cara-cara pengobatan untuk hidung tersumbat diatas dan masih belum sembuh juga sebaiknya periksakan ke Dokter. Sangat dianjurkan bahwa jika hidung terseumbat dialami lebih dari seminggu maka untuk memeriksakan ke medis terdekat, pasalnya bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit sinusitis maupun juga penyakit polip. Semoga artikel sederhana cara mengatasi hidung tersumbat sebelah paling ampuh ini bisa membantu anda semua yang saat ini sedang ingin sembuh dari penyakit hidung tersumbat.
Disqus Comments