Sabtu, 30 Januari 2016

Waspada Virus Zika Bisa Menyebabkan Kematian

Virus Zika merupakan sebuah virus yang akhir-akhir ini banyak bermunculan di dataran benua Amerika. Apa sebenarnya yang disebut dngan virus Zika ini, dan bagaimana dampak dari virus zika yang kabarnya bisa menyebabkan kematian tersebut. Virus zika merupakan sebuah virus mematikan yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypty , virus ini seperti virus yang menyebabkan demam berdarah pada seseorang. Virus zika termasuk ke dalam keluarga virus flavivirus, seseorang dapat terkena penyakit zika yang kemudian akan mengakibat demam ringan dan akan melumpuhkan sebagian anggota tubuh. Dari laporan media saat ini virus zika sudah banyak mewabah di Amerika, besar kemungkinan akan masuk ke eropa dan kemungkinan kecil akan masuk ke asia maupun australia. Virus ini mampu berkembang pada suhu apapun, baik suhu dingin maupun juga suhu tropis. Kewaspadaan adalah langkah terbaik untuk mencegah virus zika, karena bagaimanapaun juga virus ini bisa berakibat kematian pada seseorang yang terinfeksi.


Wanita hamil dan anak di bawah usia 1 tahun sangat rentan terkena virus zika, laporan menunjukkan bahwa 80% penderita virus zika adalah wanita hamil. Bayi yang masih dalam kandungan juga bisa terkena virus zika, entah bagaimana cara virus ini menginfeksi. Perlu untuk diketahui bahwa virus zika belum ada vaksin yang bisa mencegah apalagi mengobati daripada virus tersebut. Virus ini bisa menular, proses penularan melalui media nyamuk yang bernama aedes aegypti. Nyamuk aedes aegypty merupakan spesies nyamuk yang menularkan penyakit berbahaya dan mematikan, seperti penyakit demam berdarah maupun juga penyakit zika ini sama-sama ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypty.

Fakta-fakta Tentang Zika

  • Zika merupakan penyakit virus yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes.
  • Orang dengan penyakit virus Zika biasanya memiliki demam ringan, ruam kulit (exanthem) dan konjungtivitis. Gejala ini biasanya berlangsung selama 2-7 hari. 
  • Tidak ada pengobatan khusus atau vaksin yang tersedia saat ini.
  • Bentuk terbaik dari pencegahan adalah perlindungan terhadap gigitan nyamuk.
  • Virus ini dikenal beredar di Afrika, Amerika, Asia dan Pasifik.
Virus Zika adalah virus nyamuk baru yang pertama kali diidentifikasi di Uganda pada tahun 1947 di monyet rhesus melalui jaringan pemantauan demam kuning sylvatic. Hal ini kemudian diidentifikasi pada manusia pada tahun 1952 di Uganda dan Republik Tanzania. Wabah penyakit virus Zika telah tercatat di Afrika, Amerika, Asia dan Pasifik.
  • Genre: Flavivirus
  • Vector: nyamuk Aedes (yang biasanya menggigit pada pagi dan sore )
  • Reservoir: Unknown

Gejala Penyakit Zika

Masa inkubasi (waktu dari paparan gejala) penyakit virus Zika belum diketahui sampai saat ini, tetapi mungkin beberapa hari. Gejala yang mirip dengan infeksi arbovirus lainnya seperti demam berdarah, adapun gejala yang terdeteksi sampai saat ini adalah:
  • demam
  • kulit mengalami ruam
  • konjungtivitis (peradangan pada selaput mata)
  • nyeri pada bagian sendi
  • sakit kepala ringan
  • Gejala-gejala ini biasanya ringan dan berlangsung selama 2-7 hari.
Pada saat terjadi wabah besar di Polinesia Perancis dan Brasil pada tahun 2013 dan 2015, otoritas kesehatan nasional melaporkan potensi komplikasi neurologis dan auto-imun penyakit virus Zika. Baru-baru ini di Brasil, otoritas kesehatan setempat telah mengamati peningkatan infeksi virus Zika di masyarakat umum serta peningkatan bayi yang lahir dengan microcephaly di timur laut Brasil. Lembaga menyelidiki wabah Zika menemukan sebuah badan meningkat bukti tentang hubungan antara virus Zika dan microcephaly. Namun, penyelidikan lebih lanjut diperlukan sebelum kita memahami hubungan antara microcephaly pada bayi dan virus Zika. Penyebab potensial lain juga sedang diselidiki.

Proses Penularan Zika

Virus Zika ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi dari genus Aedes, terutama Aedes aegypti di daerah tropis. Ini adalah nyamuk yang sama yang mentransmisikan penyakit deman berdarah, chikungunya dan demam kuning. Virus penyakit Zika mewabah dilaporkan untuk pertama kalinya dari Pasifik pada tahun 2007 dan 2013, dan pada tahun 2015 dari Amerika (Brazil dan Kolombia) dan Afrika (Cape Verde). Selain itu, lebih dari 13 negara di benua Amerika telah melaporkan sporadis infeksi virus Zika menunjukkan ekspansi geografis cepat virus Zika.

Diagnosa

Virus Zika didiagnosis melalui PCR (polymerase chain reaction) dan isolasi virus dari sampel darah. Diagnosis oleh serologi dapat menjadi sulit karena virus bisa menyeberang-bereaksi dengan flaviviruses lainnya seperti demam berdarah, West Nile dan demam kuning.

Upaya Pencegahan

Nyamuk dan tempat perkembangbiakan mereka menimbulkan faktor risiko yang signifikan untuk infeksi virus Zika. Pencegahan dan pengendalian bergantung pada mengurangi nyamuk melalui pengurangan sumber (penghapusan dan modifikasi tempat perkembangbiakan) dan mengurangi kontak antara nyamuk dan manusia.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan obat nyamuk; mengenakan pakaian (sebaiknya berwarna terang) yang mencakup sebanyak tubuh mungkin; menggunakan hambatan fisik seperti layar, pintu tertutup dan jendela; dan tidur di bawah kelambu. Hal ini juga penting untuk kosong, bersih atau penutup wadah yang dapat menampung air seperti ember, pot bunga atau ban, sehingga tempat di mana nyamuk dapat berkembang biak dihapus.

Perhatian khusus dan bantuan harus diberikan kepada mereka yang mungkin tidak mampu melindungi diri mereka sendiri secara memadai, seperti anak-anak, orang sakit atau tua. Selama wabah, otoritas kesehatan mungkin menyarankan bahwa penyemprotan insektisida dilakukan. Insektisida yang direkomendasikan oleh Skema Evaluasi Pestisida WHO juga dapat digunakan sebagai larvasida untuk mengobati wadah air yang relatif besar. Wisatawan harus mengambil tindakan pencegahan dasar yang dijelaskan di atas untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

Sumber : http://www.who.int/mediacentre/factsheets/zika/en/

Pengobatan

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus zika, pengobatan dengan memberikan antibiotik dan penurun demam. Jika sudah positif terinfeksi virus zika maka langkah terbaik adalah opname untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Menggunakan suplemen ace maxs juga bisa membantu menidurkan virus zika dan membantu proses pemulihan penderita virus zika.
Disqus Comments