Kamis, 29 Januari 2015

Pengertian Obat Herbal dan Obat Non Herbal

Obat herbal adalah obat-obatan yang diproses melalui cara yang alami dan tanpa ada sedikitpun bahan kimia. Obat herbal merupakan cikal bakal pengobatan yang dilakukan oleh nenek moyang kita terdahulu dalam mengobati segala penyakit yang dialami. Kini obat herbal telah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi dengan menghadirkan pabrik-pabrik modern yang mampu memproduksi obat herbal lebih higienis dan juga lebih menarik penampilannya. Jika anda adalah salah seorang yang hobi minum jamu tradisional maka itulah yang dinamakan obat-obatan herbal, di dalam jamu tersebut hanya mengandalkan bahan-bahan alami saja dan sama sekali tidak ada campuran bahan kimia sama sekali. Inilah yang dinamakan obat herbal, memanfaatkan kekayaan alam Indonesia sebagai bahan baku untuk memperoleh manfaat dari berbagai tanaman herbal. 

Pengertian Obat herbal Beserta Contohnya

Yang dimaksud dengan obat herbal adalah segala jenis obat yang menggunakan bahan baku dari alam dan tidak menggunakan campuran kimia apapun. Sebagai obat herbal tentu mempunyai khasiat tertentu untuk mengobati penyakit atau menambah vitalitas pada tubuh. Biasanya yang dinamakan obat tentu kegunaanya untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Waktu dulu obat herbal sering digunakan sebagai satu-satunya media untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun pada zaman sekarang ini obat herbal hanya digunakan second line saja (alternatif setelah pengobatan kimia). 

Ada beberapa contoh obat herbal yang terkemuka di negeri kita Indonesia ini, berikut ini adalah beberapa contoh obat herbal:
  1. Ace Maxs, adalah obat herbal yang terbuat dari ekstrak kulit manggis, daun sirsak, madu, dan juga getah akasia arab (gom arab). Kandungan utama yang dimiliki oleh obat herbal ini adalah zat xanthone, zat anti oksidant dan juga zat anti kanker yang sangat tinggi. Obat ini berkhasiat untuk mengobati segala macam penyakit degeneratif seperti penyakit kanker, stroke, diabetes, jantung, dan juga alzheimer.
  2. Jelly Gamat Gold G, adalah obat herbal yang terbuat dari ekstrak teripang emas dari pulau langkawi, produk ini di import dari Malaysia dan mempunyai kandungan condroitin, gamatpeptid, kolagen dan juga anti septic alamiah. Obat ini berkhasiat untuk mengatasi segala macam penyakit yang berhubungan dengan kekebalan tubuh manusia, semisal penyakit artritis tulang, diabetes, batu ginjal, maupun juga penyakit luka bakar. Obat ini juga bisa dioles pada luka yang berada diluar tubuh
  3. Tricajus, adalah obat herbal yang terbuat dari tribulus terestis dan juga maca. Kandungan yang dimiliki oleh obat herbal tricajus ini adalah adaptogen yang sangat kuat. Fungsi utama obat ini memperbaiki sistem hormon pada tubuh manusia sehingga mampu mengobati penyakit lemah syahwat, sperma kosong maupun juga penyakit susah mendapatkan keturunan.
Ke tiga obat herbal tersebut dapat dikatakan sebagai obat herbal yang saat ini populer di masyarakat Indonesia. Tidak ada sama sekali bahan kimia yang terkandung di dalamnya, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi baik dalam jangka menengah maupun dalam jangka panjang. Sebenarnya masih banyak lagi obat herbal yang beredar di Indonesia saat ini, anda bisa mencari sendiri melalui google search.

Obat Non Herbal Beserta Contohnya

Nah jika yang dinamakan obat non herbal adalah segala macam obat yang ada kandungan bahan kimianya. Kandungan bahan kimia tersebut bisa seutuhnya maupun juga sebagian. Biasanya obat ini sangat manjur dan sangat mujarab dalam mengatasi jenis penyakit tertentu seperti halnya paracetamol yang efektif dalam mengatasi penyakit demam baik pada anak dewasa maupun pada anak-anak. Masyarakat umum telah berpandangan bahwa obat kimia selalu mempunyai efek samping, padahal tidak semuanya. Asalkan mendapatkan rekomendasi dari dokter maka berarti ini adalah aman setidaknya untuk jangka pendeknya.

Ada banyak sekali jenis obat non herbal, tentu anda semua sudah mengetahuinya jadi tidak akan kami jelaskan contoh dari obat non herbal tersebut. Itulah pembahasan mengenai obat herbal dan obat non herbal, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Disqus Comments